Jika Anda ingin mendownload jurnal ini, silahkan klik link berikut : https://docs.google.com/document/d/1D9riLBMSZm5v0OC3xy6KfCOE7Xto1JO-d3_2HOSYIr0/edit

PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB

Oleh :

Ahmad Najib

 

 

ABSTRAK

Digital library is the latest development of the library, which has the advantage in speed of accessing as oriented to digital data and media computer networks. Digital library is growing day after day because it is seen as a potential opportunity for the academic world to save collections of the library such as books, scholarly journals, magazines, final project, thesis and thesis or dissertation. Appropriate technology to develop, build, publish and manage collections of documents library that the user really wants is a future goal of all parties.
Designing and building a digital library can facilitate students or users to search library resources, reference material or news effectively and efficiently.

 

PENDAHULUAN

Dunia perpustakaan semakin hari semakin berkembang dan bergerak ke depan. Perkembangan dunia perpustakaan ini didukung oleh perkembangan teknologi informasi dan pemanfaatannya yang telah merambah ke berbagai bidang. Hingga saat ini tercatat beberapa masalah di dunia perpustakaan yang dicoba didekati dengan menggunakan teknologi informasi.

Dari segi data dan dokumen yang disimpan di perpustakaan, dimulai dari perpustakaan tradisional yang hanya terdiri dari kumpulan koleksi buku tanpa katalog, kemudian muncul perpustakaan semi modern yang menggunakan katalog. Katalog mengalami metamorfosa menjadi katalog elektronik yang lebih mudah dan cepat dalam pencarian kembali koleksi yang disimpan di perpustakaan. Koleksi perpustakaan juga mulai dialihmediakan ke bentuk elektronik yang lebih tidak memakan tempat dan mudah ditemukan kembali.

Pada saat sekarang ini, mahasiswa seringkali kesulitan dalam mencari sumber informasi maupun bahan rujukan untuk membuat tugas akhir. Padahal sudah cukup banyak skripsi atau tugas akhir yang dibuat oleh mahasiswa di lingkungan Teknik Elektro UNJ. Hanya saja belum ada wadah atau tempat untuk menampung dan mempublikasikan karya-karya tersebut.

Salah satu teknologi informasi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mahasiwa tersebut adalah perpustakaan digital. Perpustakaan digital adalah perkembangan mutakhir dari perpustakaan, yang memiliki keunggulan dalam kecepatan pengaksesan karena berorientasi ke data digital dan media jaringan komputer. Perpustakaan digital kian hari semakin berkembang karena dipandang sebagai peluang potensial bagi dunia akademik untuk menyimpan koleksi yang ada di perpustakaan seperti buku, jurnal ilmiah, majalah, tugas akhir, skripsi dan tesis maupun disertasi. Teknologi yang tepat untuk mengembangkan, membangun, mempublikasikan dan mengelola koleksi dokumen perpustakaan yang benar-benar diinginkan pengguna merupakan tujuan kedepan semua pihak.

 

KAJIAN TEORI

1. Konsep Dasar Perpustakaan

Secara umum perpustakaan mempunyai arti sebagai suatu tempat yang di dalamnya terdapat kegiatan penghimpunan, pengolahan, dan penyebarluasan (pelayanan) segala macam informasi, baik yang tercetak maupun yang terekam dalam berbagai media seperti buku, majalah, surat kabar, film, kaset, tape recorder, video, komputer dan lain-lain.

Secara umum fungsi perpustakaan adalah sebagai berikut :

  1. Perpustakaan bertugas menyimpan bahan pustaka yang diterimanya.
  2. Perpustakaan merupakan tempat belajar seumur hidup.
  3. Perpustakaan bertugas menyediakan bahan perpustakaan untuk keperluan penelitian yang dilakukan oleh pemakai perpustakaan.
  4. Perpustakaan meyediakan informasi bagi pemakai.
  5. Perpustakaan bertugas menyimpan khasanah budaya bangsa atau mayarakat tempat perpustakaan berada.

 

2. Konsep Dasar Digital

Ada dua cara umum di mana informasi direpresentasikan, bentuk analog atau bentuk digital. Dalam representasi digital, informasi dilambangkan oleh urutan digit yang terbatas. Sistem yang memanipulasi atau memproses informasi, seperti komputer, telah dirancang baik untuk informasi analog maupun digital. Namun, dengan teknologi saat ini, sistem digital memiliki komponen biaya yang lebih rendah, keandalan yang lebih tinggi, dan fleksibilitas lebih besar dari sistem analog.

Teknologi elektronik dan digital menciptakan rekaman dengan ciri berbeda. Pesan yang terekam tidak terikat pada satu media, sehingga dapat dikaitkan atau digabungkan ke serangkaian media (multiple media). Lalu, pesan terekam tersebut relatif tidak terikat oleh urutan yang pasti, dan dapat disimpan dan disebarluaskan secara lebih meluas. Selain itu, teknologi digital mampu memampatkan isi sehingga media digital cenderung kecil tapi berdaya tampung sangat besar.

Secara garis besar, ada empat sumber daya informasi digital yaitu :

  1. Bahan dan sumber daya fulltext.
  2. Sumber daya metadata, termasuk perangkat lunak digital berbentuk katalog, indeks, dan abstrak.
  3. Bahan-bahan multimedia digital.
  4. Aneka situs di internet.

 

3. Konsep Dasar Perpustakaan Digital

The Digital Library Federation mendefinisikan perpustakaan digital sebagai organisasi-organisasi yang menyediakan sumber-sumber, termasuk staff dengan keahlian khusus, untuk menyeleksi, menyusun, menginterpretasi, memberikan akses intelektual, mendistribusikan, melestarikan, dan menjamin keberadaan koleksi karya-karya digital sepanjang waktu sehingga koleksi tersebut dapat digunakan oleh komunitas masyarakat tertentu atau masyarakat terpilih, secara ekonomis dan mudah.

National Science Foundation mendaftar tiga karakteristik utama perpustakaan digital, yaitu :

  1. Memakai teknologi yang mengintegrasikan kemampuan menciptakan, mencari, dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk di dalam sebuah jaringan digital yang tersebar luas.
  2. Memiliki koleksi yang mencakup data dan metadata yang saling mengaitkan berbagai data, baik di lingkungan internal maupun eksternal.
  3. Merupakan kegiatan mengoleksi dan mengatur sumber daya digital yang dikembangkan bersama-sama komunitas pemakai jasa untuk memenuhi kebutuhan informasi komunitas tersebut.

 

 

 

 

KESIMPULAN

Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa:

  1. Perpustakaan digital adalah aplikasi web atau website yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.
  2. Untuk membuat aplikasi perpustakaan digital dibutuhkan beberapa tahap. Mulai dari mempersiapkan alat dan bahan, membuat daftar kebutuhan fungsional, membuat rancangan basis data, membuat desain tampilan web, membuat program, menguji program dan membuat kebijakan pengelolaan konten.
  3. Kebutuhan funsional menjelaskan berbagai proses yang harus dikerjakan perpustakaan digital. Kebutuhan funsional terdiri dari segi konten, account, user, member dan admin. Hasil pengujian menunjukkan proses dapat berjalan sesuai daftar kebutuhan fungsional.
  4. Basis data atau database merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Ada 3 tahap untuk membuat basis data yaitu desain konseptual, desain logis dan desain fisik. Hasil pengujian menunjukkan database digilib tersambung dengan DBMS MySQL dan mempunyai beberapa tabel yang berelasi.

 

  1. Perancangan program merupakan tahap dimana alur program atau flowchart di transformasikan melalui proses coding menggunakan bahasa pemrograman PHP. Hasil pengujian program unduh file menunjukkan bahwa file yang diunduh dapat ditampilkan langsung di browser.

 

SARAN

Dalam pembuatan perpustakaan digital masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Ada beberapa bagian dari aplikasi yang perlu dilakukan penyempurnaan agar perpustakaan digital dapat digunakan dengan baik, yaitu:

  1. Perlu dibuat program khusus agar hanya mahasiswa dan alumni Teknik Elektro saja yang dapat mendaftar sebagai member perpustakaan digital.
  2. Mesin pencari dokumen harus dibuat sebaik mungkin, agar pencarian dokumen dapat lebih spesifik lagi.
  3. Admin harus memeriksa arsip dokumen terlebih dahulu sebelum menginput dokumen baru. Ini diperlukan agar tidak ada dokumen yang ganda atau double.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

1. Drs. Pawit M.S. et al, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, Kencana , Jakarta 2007.

2. Sulistyo Basuki, Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan, Depdikbud, Jakarta 1993.

3. Donald Givone, Digital Principles and Design, The McGraw-Hill Companies, New York 2003.

4. Putu Laxman Pendit et al, Perpustakaan Digital : Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia, Sagung Seto, Jakarta 2007.

5. Ibid, 69-70.

6. Ibid, 29.

7. Ibid, 30-31.