Langkah-langkah untuk menginstall Windows XP adalah sebagai berikut :

1. Pertama adalah anda harus mempunyai master windows XP yang ingin di install.

2. Menyiapkan driver dari motherboard yang anda gunakan.

3. Masuk ke system BIOS untuk mengatur agar prioritas utama boot adalah CD-Room.

Hal ini bertujuan agar pada saat anda merestart computer anda, computer anda langsung membaca CD-Room anda yang berisi Master Windows XP, caranya adalah pilih CD-Room drive pada pilihan First Boot Priority, dan HDD sebagai Second Boot Priority.

4. Setelah di restart, akan muncul gambar seperti di bawah, tekan sembarang tombol untuk menuju ke proses selanjutnya.

1

5. setelah itu akan muncul gambar seperti di bawah, tunggulah beberapa saat sampai tampilan berubah seperti gambar selanjutnya, kemudian ada pilihan untuk melanjutkan install Windows XP dan pilihan memperbaiki Windows XP, tekan enter untuk install Windows XP.

2

3

6. setelah itu akan muncul gambar seperti di bawah, tekan F8 untuk menyetujui install ulang.

4

7. setelah itu, kita akan masuk ke halaman dafar partisi hardisk, Apabila Anda belum pernah partisi hardisk Anda, maka hanya akan tampil drive C saja. Namun apabila Anda pernah melakukan partisi pada hardisk, maka Anda akan mendapati drive selain C:. Tergantung berapa partisi yang telah Anda buat.

5

8. Untuk install Windows XP, sebaiknya memilih drive C, tekan Enter. Jika ingin membuat partisi hardisk tekan C, maka akan muncul tampilan berikut.

6

9. Ketiklah kapasitas yang anda inginkan untuk partisi anda.

10. setelah menyetting partisi anda, tekan Enter, maka akan muncul tampilan seperti di bawah.

7

11. Ada pilihan Format the partition using the NTFS file system (Quick) dan Format the partition using the NTFS file system. Pilihlah salah satu kemudian tekan Enter maka akan muncul tampilan seperti dibawah.

8

12. Setelah itu akan muncul pilihan drive yang akan Anda ingin install Windows XP nya. Pilihlah drive C, setelah itu tekan Enter maka komputer akan melakukan format drive C. Tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

9

13. Setelah proses format selesai, komputer akan melakukan transfer data dari CD master ke hardisk komputer, tepatnya pada drive C, Prosesnya seperti pada gambar dibawah.

10

14. Setelah proses selesai, computer akan otomatis merestart, bila ingin lebih cepat tekan Enter.

11

15. tunggu sampai selesai restart, jangan menekan tombol apapun sampai muncul logo Windows XP.

12

16. kemudian barulah proses install dimulai.

13

17. Selama proses ini, hal yang dilakukan hanyalah menunggu dan memilih pilihan next pada saat menginstall.

14

15

18. Pada kolom nama dan organisasi, isikan nama Anda atau terserah Anda. Setelah itu akan muncul halaman registrasi.

16

19. Setelah itu masukkan serial numbernya, setelah berhasi maka akan muncul halaman admin dan password, isilah sesuai keinginan anda, setelah itu pilih Next.

17

20. Setelah selesai, muncul halaman seperti di bawah, tunggu sampai proses selesai dan akan muncul seperti gambar selanjutnya.

18

19

21. Pada gambar diatas, hendaknya Anda memilih Typical settings agar lebih mudah. Setelah klik Next maka Anda akan dibawa ke halaman seperti yg terlihat pada gambar.

20

22. Jika Anda ingin menghubungkan komputer Anda dengan domain yang sudah Anda miliki maka isilah nama domain pada kolom yang sudah disediakan. Pilih radio button jika tidak ingin menghubungkan dengan domain. Setelah itu tekan Next.

23. Akan muncul halaman Display Setting. Tinggal klik OK.

21

24.  Setelah Anda klik OK, maka windows akan memunculkan tampilan optimal pada komputer Anda, pilih OK.

22

25. Kemudian akan tampil logo Windows XP.

23

26. Selanjutnya anda harus mengatur beberapa settingan lagi untuk mengaktifkan Windows XP, tetapi anda hanya tinggal memilih next hingga muncul tampilan di bawah.

29

27. Langkah terakhir, tinggal menginstall driver dari CD Motherboard, sound, vga, maupun driver perangkat pendukung Windows XP lainnya.

sumber :

http://softwareku4u.blogspot.com/2013/02/cara-instal-windows-xp-beserta-gambar.html#axzz2WNs64RXU